Latest News

KAMUS DOTA 2 Untuk Newbie atau Noobs


Buat kalian yang baru mengenal apa itu DOTA 2 dan bagaimana cara bermainnya, alangkah baiknya kalian mengetahui beberapa command dasar atau teknik daam bermain dota, ada beberapa istilah yang akan kalian dengar dari beberapa player yang setim dengan anda, jangan sampai anda tidak mengerti apa yang mereka maksud, maka dari itu kalian butuh kamus dota 2 ini.

Tidak hanya untuk game Dota 2 saja kamus ini dipakai tapi bisa juga untuk game yang bergenre MOBA lainnya, kemungkinan masih menggunakan istilah yang sama, yuk pelajari seksama dan hafalkan setiap istilahnya.

# (Angka)
  • 322 – Istilah untuk menyebut permainan buruk dari seorang pemain yang seolah-olah dengan sengaja membuat timnya kalah. Dipopulerkan oleh pemain profesional Alexei “Solo” Berezin yang pernah bertaruh untuk mendapatkan US$322 bila timnya kalah.

A
  • Ability – Kemampuan khusus yang dimiliki oleh masing-masing hero. Biasanya membutuhkan mana untuk bisa digunakan. Dikenal juga dengan istilah spell.
  • AFK – Away from Keyboard – Keadaan saat pemain tidak lagi berada di depan layar untuk bermain, dan hero yang ia kendalikan tampak berdiri diam tanpa memberikan respons.
  • Aggro – Kondisi ketika kamu menjadi target unit maupun tower lawan saat masuk ke jangkauan serang mereka.
  • AoE – Area of Effect – Efek dari ability milik hero yang mencakup suatu wilayah dan dapat mengenai beberapa target sekaligus.
  • ASPD – Attack Speed – kecepatan hero saat melancarkan serangan
  • Assist – Aksi membantu hero kawan dengan memberikan damage ataupun efek yang menguntungkan ketika membunuh hero musuh.
  • Auto attack – Serangan dasar otomatis yang dilancarkan hero saat unit musuh memasuki jangkauan serangnya.

B
  • Backdoor – Menyelinap ke area markas musuh untuk menghancurkan bangunan tanpa bantuan dari Creep.
  • Break – Kemampuan menghilangkan ability pasif milik hero musuh.
  • Buff – Efek positif, seperti kekebalan sementara, peningkatan kecepatan serang, dan lainnya, yang didapatkan para hero.
  • Build – Kombinasi dari item dan ability milik hero dalam suatu pertempuran.
  • Buyback – Mengeluarkan sejumlah Gold agar hero yang telah mati dapat segerarespawn tanpa harus menunggu beberapa saat.
Dota 2 Razor | Artwork

C
  • Carry – Peran dalam suatu tim yang bertugas untuk memberikan banyak damage pada tim lawan. Biasanya lemah di awal namun kuat di akhir.
  • Cooldown – Waktu yang diperlukan agar suatu ability dapat dipergunakan kembali.
  • Creep – Prajurit yang dikendalikan oleh AI dan berjalan menuju markas lawan secara otomatis.
  • Creep Blocking – Memblok pergerakan Creep kawan dengan karaktermu sehingga mereka berjalan lebih lambat. Tujuannya adalah membuat titik temu dengan Creep lawan lebih mendekati tower kawan.
  • Creep Pulling – Menarik Creep netral dari tempat persemayamannya di hutan dengan cara membuatnya mengejar karaktermu (hingga sampai ke lane) sehingga Creep kawan akan menyerang Creep netral. Memiliki tujuan yang sama dengan creep blocking.
  • Creep Skipping – Membunuh Creep musuh saat mereka belum berhadapan dengan Creep kawan, atau membunuh gerombolan Creep musuh di belakang walaupun kelompok yang ada di depannya masih hidup.
  • Creep Stacking – Menumpuk jumlah Creep netral yang bersemayam di suatu titik dengan cara menariknya di saat yang tepat, sehingga Creep netral baru akan muncul walaupun kelompok sebelumnya belum mati.
  • Crowd Control – Ability yang mampu memberikan efek ke banyak unit lawan secara sekaligus sehingga potensi serangannya menjadi kurang dahsyat.

D
  • Damage Reduction – Efek negatif yang menurunkan damage serangan dasar dari hero yang kamu kendalikan.
  • Debuff – Menghilangkan efek positif yang dimiliki lawan, atau memberinya efek negatif sehingga menguntungkan tim kamu.
  • Deny – Membunuh sendiri Creep kawan agar musuh tidak memperoleh Gold dan hanya mendapatkan setengah poin EXP.
  • Deward – Proses menemukan Ward milik tim musuh dan memusnahkannya.
  • Die Back – Kondisi saat hero yang hidup kembali setelah melakukan Buy Back terbunuh tidak lama kemudian.
  • Dispel – Menghilangkan efek positif maupun negatif yang dimiliki hero.
  • Dive – Aksi bergerak menyerang hingga ke dalam jangkauan serang tower lawan.
  • DOT – Damage Over Time – Efek damage yang diberikan kepada hero secara berkala selama beberapa saat.
  • DPS – Damage per Second – besarnya damage yang dihasilkan oleh hero per detik.Damage yang biasa dimaksud dalam DPS biasanya mengacu pada serangan dasar.
Dota 2 Bounty Hunter | Artwork

E
  • Easy Lane –  Salah satu lane dalam arena Dota 2 yang paling aman dan mudah untuk melakukan farming. Posisi tower kawan dalam Easy Lane terletak dekat dengan titik temu Creep, sehingga memudahkan hero kamu untuk segera mundur dan menghindari serangan lawan. Letak Easy Lane untuk faksi Radiant adalah lane paling bawah, sedangkan untuk faksi Dire berada di lane paling atas. Dikenal juga dengan istilah Safe Lane atau Short Lane.

F
  • Farming – Kegiatan mengumpulkan uang dan menghindari kontak dengan tim lawan dengan tujuan untuk membeli item.
  • Flying Vision – Kemampuan melihat suatu area secara keseluruhan, tanpa terhalang oleh objek di peta.
  • Fog of War – Kabut dalam arena pertempuran yang membuat pemain tidak bisa melihat kondisi wilayah, kecuali dengan berjalan mendekat atau menaruh Ward.
  • Fountain – Daerah dalam markas di mana hero respawn setelah mati dan mendapatkan percepatan pemulihan HP maupun mana.

G
  • Gank – Mengepung satu atau beberapa hero lawan dengan rekan-rekan setim yang berjumlah lebih banyak.
  • GG WP – Good Game Well Played – Istilah yang sering diucapkan saat permainan telah selesai untuk memuji permainan yang telah berlangsung, atau untuk mengejek ketika musuh melakukan kesalahan yang menguntungkan tim kamu.
  • Glass Cannon – Istilah untuk menyebut hero yang memiliki kemampuan menghasilkandamage besar layaknya meriam, tetapi rapuh seperti kaca. Kondisi ini biasanya diperoleh dari fokus membeli item untuk memperkuat serangan tanpa memikirkan pertahanan.

H
  • Harass – Memberikan damage ke hero musuh tanpa memberikan kesempatan lawan untuk membalas. Biasanya harass dilakukan dengan tipe serangan jarak jauh.
  • Hard Lane – Merupakan salah satu lane dalam arena Dota 2 yang paling sulit untuk melakukan farming. Posisi tower kawan dalam Hard Lane terletak jauh dari titik temu Creep, sehingga menyulitkan hero kamu untuk segera mundur dan menghindari serangan lawan. Letak Hard Lane untuk faksi Radiant adalah lane paling bawah, sedangkan untuk faksi Dire berada di lane paling atas. Dikenal juga dengan istilah Suicide Lane atau Long Lane.
Dota 2 Ursa | Artwork

I
  • Imba – Imbalance – Kekuatan hero yang dinilai tidak seimbang (relatif lebih kuat) dibandingkan hero lainnya.
  • Instalock – Kejadian saat pemilihan hero di mana pemain langsung memilih salah satu hero secara cepat atau instan.

J
  • Juking – Menghindar sambil bergerak secara terampil untuk menghindari skillshot atau kejaran lawan.
  • Jungle – Hutan di antara tempat di mana Creep netral tinggal.
  • Jungling – Aktivitas berkelana di dalam jungle untuk membunuh Creep netral demi mendapatkan Gold maupun EXP.

K
  • KDA – Kill/Death/Assist Ratio – Rasio yang didapatkan hero ketika membunuh hero musuh, tewas dalam pertempuran, dan membantu hero kawan membunuh musuh.
  • Kill Steal – Tindakan mencuri last hit dari sesama rekan setim untuk mengambil Gold.
  • Kite – Gerakan menjauh dari unit atau hero lawan sambil terus memberikan damagekepadanya.
Dota 2 Death Prophet | Artwork

L
  • Lane – Jalur di mana Creep berjalan menuju markas musuh dan tempat tower berjajar.
  • Last Hit – Memberikan damage terakhir sehingga musuh tersebut terbunuh.

M
  • Magic Resistance – Atribut dari beberapa hero yang mengurangi jumlah damage dariability hero musuh.
  • Mana – Energi yang dimiliki masing-masing hero untuk mengeluarkan ability.
  • Mana Burn – Efek negatif yang mengakibatkan mana milik hero musuh terkikis sambil menimbulkan damage sedikit demi sedikit.
  • Map Awareness – Kemampuan untuk waspada terhadap pergerakan musuh secara keseluruhan di arena pertempuran dengan senantiasa memperhatikan mini map.
  • Melee – Tipe hero yang memiliki serangan dasar jarak dekat sehingga harus berdiri berdampingan untuk memberikan damage.
  • Meta – Keadaan dan keseimbangan antar hero yang dibuat oleh developer game.
  • Miss – Keberadaan hero musuh di suatu lane tidak dapat terlihat. Kemungkinan mereka sedang berkumpul di tempat lain dan sesama tim sebaiknya waspada.
  • MMR – Match Making Rating – Rating yang dihitung berdasarkan jumlah permainan yang dimainkan sejauh ini oleh pemain, beserta jumlah kemenangan dan kekalahannya.

N
  • Noob – Sebutan untuk pemain pemula yang baru bermain. Biasanya digunakan untuk mengejek.
  • Nuke – Mengeluarkan ability hero yang sangat kuat sampai-sampai membuat hero musuh menjadi kritis, atau bahkan langsung tewas.

O
  • OP – Over Powered – Kekuatan hero atau kombinasi item yang dianggap terlalu kuat sehingga sulit untuk dihadapi.
  • Orb Walking – Menyerang hero musuh tanpa menarik perhatian Creep maupun towerlawan. Taktik ini dilakukan dengan memanfaatkan efek Unique Attack Modifier yang dimiliki hero.
  • Overextend – Bergerak terlalu dalam ke garis pertahanan lawan sehingga rentan untuk terbunuh.
Dota 2 Shadow Demon | Artwork

P
  • PGG – Sebutan untuk blunder yang dilakukan oleh pengguna Enigma saat gagal menjebak hero musuh menggunakan ability Black Hole. Sebutan ini muncul dariblunder pemain profesional Vladimir “PGG” Anosov yang sering kali gagal menjebak musuh dengan Black Hole.
  • Poke – Mencicil damage kepada musuh sedikit-sedikit tanpa maksud untuk mengejarnya hingga terbunuh.
  • Pure Damage – Tipe damage yang tidak terpengaruh oleh armor maupun pertahanan lain yang dimiliki hero lawan. Damage yang dihasilkan akan selalu sama.
  • Push – Aktivitas penyerangan untuk memukul mundur unit maupun hero lawan dan menghancurkan tower musuh.

R
  • Rage Quit – Tindakan keluar dari permainan secara tiba-tiba karena terlalu kesal terhadap suatu hal di dalam game.
  • Range – Tipe hero dengan serangan dasar yang dapat dilakukan dari jarak jauh.
  • Reliable Gold – Sejumlah Gold yang didapatkan ketika membunuh/menghancurkan objek dalam game, antara lain hero musuh, Roshan, tower, dan kurir. Selain itu, Reliable Gold juga dapat diperoleh lewat ability Transmute dari item Hand of Midas, serta abilityTrack milik Bounty Hunter. Reliable Gold tidak akan hilang ketika hero kamu tewas.
  • Respawn – Momen saat hero yang telah mati di medan pertempuran hidup kembali.

S
  • Skillshot – Tipe ability yang memerlukan akurasi tinggi dari pemain agar dapat mengenai target yang diinginkan.
  • Spell Immunity – Kekebalan sementara terhadap beragam efek negatif maupundamage yang dapat diterima dari ability milik lawan.
  • Strong Dispel – Kemampuan untuk menghilangkan lebih banyak status yang menjangkiti hero, bahkan status Stun sekalipun.
  • Stun – Status ketika hero yang terkena tidak dapat berkutik sama sekali selama beberapa saat.
  • Support – Peran dalam suatu tim yang mendukung dan menjaga anggota tim lain agar bisa selamat.

T
  • Tank – Tipe hero yang memiliki ketahanan tinggi serta mampu menerima lebih banyakdamage daripada tipe lainnya.
  • Throw – Sebutan untuk beragam hal yang membuat kamu maupun tim kalah dalam pertempuran melawan musuh.
  • True Sight – Ability milik beberapa hero yang membuatnya mampu melihat objek tersembunyi dalam peta yang biasanya tidak terlihat.
  • True Strike – Tipe serangan yang seratus persen dijamin akan mengenai hero musuh.

U
  • Ultimate – Ability pamungkas yang dimiliki oleh setiap hero. Biasanya memiliki kebutuhan mana yang tinggi serta waktu cooldown lama.
  • Unique Attack Modifier – Efek tambahan yang didapatkan seorang hero sehingga mengubah efek dari serangan dasar miliknya.

ReaperSide Gaming - Berita Seputar Video Games Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.